Info

#10SketsaWarna Challenge! Tantangan Mewarnai untuk anak dan orang tua

Assalamualaikum, selamat pagi Moms & Dads!

Kegiatan Cerivitas kali ini adalah tantangan mewarnai gambar digital untuk anak dan orangtua. Proyek belajar ini diadakan secara online (melalui grup FB) selama 10 hari, dan terbuka untuk diikuti anak-anak (sebaiknya 9 tahun ke atas) dan orang tuanya.

TUJUAN
* Media latihan bagi anak untuk belajar menggunakan aplikasi Sketchbook, agar bisa membuat dan mewarnai gambar digital.
* Menyalurkan ekspresi dan kreatifitas anak (art therapy).

TEMA
Tempat yang ingin aku kunjungi

WAKTU
Senin, 8 April 2019 sampai Rabu, 17 April 2019 (10 hari)

TEMPAT
Dikerjakan saat waktu luang anak di rumah masing-masing

PERSIAPAN
Yang perlu dilakukan sebelum mendaftar:

1. Install aplikasi Sketchbook di HP/Tablet. Link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.raed.sketchbook

2. Beli stylus pen, bisa dicari di tokopedia/online marketplace lainnya. Contoh: https://www.tokopedia.com/smartshop727/stylus-pen-for-ipad-tablet-pc-smartphone-hp-samsung-galaxy-tab-pen-stylus (kalau bisa beli lebih dari satu ya Moms untuk cadangan kalau hilang atau rusak, karena barangnya kecil mudah tercecer)

3. Mencoba stylus pen yang dimaksud, apakah bisa berfungsi baik (bisa untuk memencet tombol atau menggambar di HP/Tablet Anda)

4. Pencet tombol Join Grup di grup FB. Link: https://www.facebook.com/groups/10SketsaWarna/members/

5. Tansfer biaya kegiatan ke BCA Sari Nursita 5455-191-634 (donasi seikhlasnya)

TEKNIS PENDAFTARAN
* Isi Formulir Pendaftaran di: http://bit.ly/Daftar10SketsaWarna
* Jika Anda mendaftarkan untuk lebih dari 1 anak, tolong isi formulir ini kembali. Terima kasih πŸ™‚
* Waktu pendaftaran: 21 Maret 2019 – 7 April 2019
* Kuota: Sementara pendaftar dibatasi 24 orang pertama. Bila formulir pendaftaran habis, Anda masih bisa mendaftar sebagai waiting list atau mengikuti sesi selanjutnya.

TEKNIS PELAKSANAAN
* Deskripsi tugas diberikan setiap pagi di grup FB
* Peserta mencari gambar referensi dari internet
* Peserta menyalin dan mewarnainya ke aplikasi Sketchbook
* Gambar yang sudah jadi dikumpulkan ke grup FB

CONTOH TUGAS
* Apakah kamu punya suatu tempat yang ingin kamu kunjungi?
* Ambil minimal 3 kata dari pilihan di bawah ini, lalu bayangkan suatu gambar yang mengandung kata-kata tersebut. Pilihan: rumput, ungu, hujan, taman, sepeda, lampu, senyum, es krim, layang-layang, bola
* Cari gambar referensi di internet, lalu gambar dan warnailah di Sketchbook
* Sebagai keterangan gambar, sertakan nama tempat dan alasan kenapa kamu ingin ke sana
* Sertakan pula gambar referensinya (bila ada) dan credits kepemilikan gambar tersebut (bisa nama atau URL)

CONTOH PENGERJAAN
* Tempat yang ingin dikunjungi: Kanazawa, Jepang
* Pilihan kata: rumput, ungu, lampu
* Alasan mau ke sana: Saya ingin ke sana karena di sana terdapat taman kota terbaik di Jepang

Gambar Referensi. Credits: Untold Morsels
Hasil gambar dan mewarnai

TUNJUKKAN KREATIFITASMU
* Peserta tidak harus mengikuti persis gambar referensi. Jadi bisa mengubah warna, menambah atau mengurangi benda yang ada di sana, menggeser atau memutar letaknya, memperbesar atau memperkecil, mengganti latar/cuaca, dll. Contoh di gambar referensi tidak ada danau, bisa tambahkan danau.
* Peserta bisa menggabungkan dua atau lebih gambar referensi. Misal bisa memadukan gambar rumah dan hutan untuk membuat gambar rumah pohon.
* Peserta bisa menambahkan penjelasan dan info menarik tentang tempat yang ingin dikunjungi tersebut. Contoh: “Buat yang suka wisata kuliner, ada beberapa makanan tradisional khas Kanazawa yang bisa dicoba. Salah satunya yaitu …. (dan seterusnya)”
* Peserta bisa membuat cerita dengan latar belakang gambar itu. Contoh: “Pada suatu pagi aku berjalan di samping danau Kanazawa. Hari itu mendung. Angin bertiup kencang, menerbangkan dedaunan …. (dan seterusnya)”
* Peserta bisa membuat judul penghubung cerita, sehingga di akhir tantangan mendapat sebuah cerita yang lengkap. Misal: Petualangan Kiki dan teman-teman di Jepang, isinya cerita dan gambar tempat wisata yang mereka kunjungi di Jepang. Jejak Kebudayaan Islam di Eropa, isinya cerita tentang mesjid dan tempat bersejarah islam di sana. dll
* Mau sekalian bikin komik? Boleh banget xD

BIAYA
* Donasi seikhlasnya ^_^
* Bisa ditransfer ke BCA Sari Nursita 5455-191-634 sebelum kegiatan dimulai

KOMUNIKASI
* Grup WA – untuk diskusi dan pengumuman, terbuka untuk umum.
* Grup FB – untuk deskripsi tugas dan mengumpulkan tugas, hanya buat yang sudah transfer dan saya konfirmasi masuk kelas.

INFORMASI
Website: https://10sketsawarna.wordpress.com
Pertanyaan & Info: https://wa.me/628119915917 – WhatsApp ke Sari (0811) 991-5917

TANYA – JAWAB

T: Kenapa gambarnya disalin dari foto referensi?
J: Karena judulnya tantangan mewarnai, jadi bentuk dasarnya sudah ada, anak tinggal menyalin dan menghiasnya. Selain itu, fokus proyek ini adalah sebagai media latihan menggunakan aplikasi Sketchbook, jadi kegiatan mewarnai juga sudah cukup mewakili tujuannya.

T: Anaknya ngga mau kalau cuma menyalin, dia mau bikin gambar bebas saja… gimana dong? Lalu kalau ngga pakai gambar referensi boleh ngga?
J: Boleh kok πŸ™‚ Mencari gambar referensi itu untuk menambah inspirasi dan memberikan contoh bentuk dasar yang lengkap saja.

T: Kalau kegiatannya untuk latihan membuat gambar digital, harusnya ada lebih banyak. Kenapa hanya 10 hari? Kok ngga sekalian 30 hari?
J: Karena 30 hari itu lumayan berat hehehe xD maksudnya pengen ada kegiatan yang mudah diikuti dalam waktu singkat, jadi bisa sebagai penjajakan juga. Kalau tidak cocok ya tidak usah dilanjutkan. Kalau suka, insya Allah nanti ada tema-tema selanjutnya kok ^_^

T: Apa harus mengikuti petunjuk tugasnya? Boleh ngga untuk konsep gambarnya dipilih 1 kata saja, atau hari itu anaknya lagi pengen gambar yang ngga sesuai petunjuk?
J: Jadi nanti tiap hari ada 10 pilihan kata, dari situ anak bisa mengkombinasikan minimal 3 pilihan. Bisakah dia membayangkan suatu gambar yang memuat 3 kata tersebut? Di situlah tantangannya πŸ˜€ Tapi kalau anaknya memang lagi ingin gambar yang lain boleh-boleh saja kok πŸ™‚

T: Ini 10 tempat yang ingin dikunjungi harus ditentukan dari awal? Misal anaknya mau ke Mekah, Sydney, London, Tokyo, …. Kalau kurang dari 10 atau tidak ada ide lagi gimana dong?
J: Kalau sudah bisa menentukan 10 tempatnya duluan, itu bagus πŸ™‚ Tinggal disesuaikan dengan tugas pilihan katanya. Misal gambar taman di Sydney pada saat hujan di sore hari. Kalau belum tahu mau ke mana, bisa ikuti pilihan katanya saja, lalu cari lokasinya di internet. Misal, pertama cari dulu gambar hutan berkabut itu ada di mana saja, kemudian baru pilih salah satu lokasi.

T: Ini biayanya jadi terserah? Kalau gratis boleh ngga xD
J: Ahaha… saya juga suka barang gratisan sih xD cuma di sini saya menginvestasikan waktu dan tenaga untuk mengkoordinir acara, jadi harapan saya pesertanya juga menunjukkan komitmen untuk berusaha kerja, bukan sekadar ikut-ikutan karena barangnya gratis. Mengenai besarnya saya saya serahkan ke Moms & Dads ya, disesuaikan dengan budget masing-masing saja πŸ™‚

T: Kenapa hasilnya ngga dicetak jadi buku, seperti kemarin tantangan menulis?
J: Soalnya cetak warna lumayan mahal dan butuh waktu/tenaga tambahan untuk nge-layout, bikin cover, sama bolak-balik ke percetakannya. Tapi kalau Moms & Dads bisa kirim file PDF siap cetak dan harganya masuk budget ya boleh saja kalau mau nitip cetak di sini ^_^

T: Kenapa harus pakai Sketchbook? Ngga kompatibel diinstal di HP nih… Kalau pakai Medibang, Ibis Paint, dll boleh ngga?
J: Soalnya menurut saya yang paling mudah dimengerti menu aplikasinya itu Sketchbook. Tapi kalau mau pakai app lain silahkan, cuma nanti tutorialnya pakai Sketchbook.

T: Apa ini nanti ada materi bagaimana cara menggambar?
J: Tidak ada, ini bukan kelas gambar. Yang ada hanya tugas menggambar/mewarnai. Materinya berupa tutorial penggunaan Sketchbook.

T: Apa boleh anak menggambar dan mewarnai di kertas lalu dikumpulkan hasil scannya?
J: Tidak, karena kegiatan ini fokusnya membuat gambar digital dengan aplikasi. Anak tetap bisa menggambar outlinenya di kertas Moms, lalu nanti disalin dan diwarnai di Sketchbook.

T: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas setiap harinya? Soalnya anak saya mau ujian/padat kegiatan lainnya
J: Kira-kira 1-2 jam, tergantung anaknya hehe… kemungkinan bisa lama saat mencari ide/gambar referensi dan mewarnai/menghiasnya. Kalau anaknya mau ujian insya Allah bisa ikut di lain waktu kok Moms πŸ™‚

T: Kalau ngga punya stylus boleh ikut ngga?
J: Sebaiknya beli saja Moms murmer kok hehe…

T: Apa boleh posting hasil gambar di IG, blog, dll?
J: Boleh, silahkan. Untuk pengumpulan tugas tetap di grup FB, nanti bisa kasih link nya saja atau diupload ulang gambarnya

T: Pertanyaan saya masih banyak xD boleh japri?
J: Silahkan hubungi Sari (0811) 991-5917 – https://wa.me/628119915917